top of page

Selamat Hari Ibu


Source: freepik.com


Tanggal 22 Desember menjadi hari yang berkesan bagi seluruh ibu di dunia. Pada tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Ibu Nasional yang bertujuan dalam memberikan rasa penghargaan, penghormatan, serta menunjukan rasa kasih sayang dan bentuk ucapan terima kasih kepada ibu yang telah memberikan cinta kepada anak-anaknya.


Melansir Wikipedia.org bahwa dipilihnya tanggal 22 desember sebagai bentuk perayaan semangat wanita Indonesia dan untuk meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara. Diresmikan oleh Presiden Soekarno di bawah Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959, pada ulang tahun ke-25 Kongres Perempuan Indonesia 1928.


Kini, hari Ibu berbeda dengan saat waktu diresmikan, yang dimana tanggal 22 desember tersebut dijadikan sebagai hari untuk menyatakan rasa terima kasih yang mendalam atas kasih sayang Ibu kepada keluarga.


Mengutip tirto.id, hari Ibu di Indonesia diperingati pada hari pembukaan Kongres Perempuan Indonesia yang dilaksanakan pada tanggal 22-25 Desember 1928 yang dilangsungkan di Yogyakarta, tepatnya di Ndalem Joyodipuran. Kini, gedung tersebut digunakan sebagai Kantor Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional yang terletak di Jalan Brigjen Katamso, Yogyakarta. Dalam Kongres tersebut, terdapat organisasi perempuan yang ikut terlibat seperti Wanita Oetomo, Poetri Indonesia, Poetri Indonesia, Wanita Katolik, Aisyiyah, Wanita Moeljo, Darmo Laksmi, Wanita Taman SIswa, dan sayap perempuan dari berbagai organisasi pergerakan seperti Sarekat Islam, Jong Java, Jong Islamieten Bond, dan masih banyak lagi.


Dalam memperingati Hari Ibu banyak hal yang dapat dilakukan. Biasanya ibu diberikan kesempatan untuk mengambil waktu untuk meninggalkan kegiatannya sehari-hari seperti memasak dan digantikan oleh anak-anak atau suaminya. Cara lain yang dapat dilakukan untuk merayakan Hari Ibu yaitu:

  • Membuat kartu ucapan selamat Hari Ibu yang berisikan kalimat-kalimat yang menunjukan rasa terima kasih atas dedikasinya terhadap keluarga.

  • Melakukan kegiatan bersama Ibu, misalnya saja membantu Ibu melakukan aktivitas memasak, pergi keluar berdua, makan bersama diluar, atau saling mendengarkan cerita satu sama lain.

  • Memberikan hadiah, sobat #healthpromoter bisa memberikan hadiah kepada ibu. Hadiah yang diberikan tidak perlu hadiah yang mahal cukup dengan hadiah sederhana namun bermakna.

  • Memberikan tas favoritnya, biasa ibu-ibu sangat senang membeli tas maka dari itu memberikan tas yang disukai oleh ibu bisa menjadi salah satu pilihan untuk merayakan Hari Ibu.

Seorang ibu merupakan pahlawan bagi setiap anaknya. Perayaan Hari Ibu yang dihelat satu tahun sekali menjadi hari yang sangat spesial bagi seluruh ibu. Jangan lupa untuk menyiapkan suatu hal untuk merayakannya. Walaupun dihelat sekali dalam setahun, menyatakan atau menunjukkan kasih sayang kepada ibu harus dilakukan setiap hari. Selamat Hari Ibu kepada semua Ibu di Indonesia.






Referensi :

Wikipedia.org (2021). Hari Ibu

Tirto.id (2021) Sejarah Hari Ibu di Indonesia : Mengapa Tanggal 22 Desember?


4 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page