top of page

Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pengelola PKRS terkait Manajemen PKRS

Updated: Nov 24, 2021

Rumah sakit sebagai institusi pelayan kesehatan tingkat rujukan mempunyai tugas memberikan pelayanan kesehatan secara paripurna melalui penyelenggaraan PKRS. Diperlukan pengelolaan PKRS yang optimal sehingga manajemen PKRS secara menyeluruh dapat dilaksanakan dengan baik meliputi : pengkajian, perencanaan, pelaksanaan, monitoring, dan evaluasi. Standar PKRS sebagaimana diatur dalam PMK No. 44 Tahun 2018, diharapkan dapat diselenggarakan secara efektif dan efisien.

Sehingga sebagai upaya dalam meningkatkan manajemen PKRS Indonesia Health Promoting Hospital Network (IHPHNet) bersama Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Kementerian Kesehatan RI menyelenggarakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pengelola PKRS terkait Manajemen PKRS. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan melalui Zoom Meeting. Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pengelola PKRS terkait Manajemen PKRS dilaksanakan selama 3 hari dan jumlah peserta 60 orang dari 16 Provinsi di Indonesia.

Agenda pembukaan dilaksanakan pada pukul 09.00 WIB dan dilanjutkan dengan pemaparan materi Kebijakan Promosi Kesehatan RS oleh dr. Imran Agus Nurali, SpKO.

Pukul 10.45 WIB materi dipaparkan oleh dr Bahrul Anwar, MKM mengenai Peran PKRS dalam Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien. Pembahasan FGD dimulai pada pukul 13.00 oleh Nenggih Wahyuni. Dilanjutkan dengan materi Manajemen Perubahan dan Kepemimpinan dalam Promosi Kesehatan oleh Dr. Suherman, MKM. Dan ditutup dengan materi Pengembangan Jenjang Karir Profesi Promotor Kesehatan di RS oleh Dr. Dra. Rita Damayanti, MScPH.

Agenda kegiatan pelatihan hari kedua dilaksanakan pada pukul 08.00 yang dimulai dengan refleksi selama 15 menit. Materi pertama yaitu Strategi Promosi Kesehatan pada pukul 08.15 oleh Prof. Hadi Pratomo, MPH Dr. PH. Pukul 10.30 sampai 16.00 peserta diberikan pemaparan materi Perencanaan Pengorganisasian Evaluasi Program PKRS dan Manajemen Mutu PKRS oleh Deni Purnama, MKM.

Agenda kegiatan pelatihan hari ketiga diawali dengan refleksi pada pukul 08.00 selama 15 menit. Materi pertama dimulai pada pukul 08.15 oleh Nenggih Wahyuni, SIP,. MA. dengan materi Manajemen Komunikasi Berorganisasi. Pukul 09.54 pemaparan materi Pengelolaan Media PKRS oleh Umarjono Hadi, S. Sn. Post test Rencana Tindak Lanjut dilaksanakan pada pukul 11.15 dan dilanjut dengan istirahat. Pukul 13.00 dilanjutkan dengan materi Lesson learn Manajemen PKRS oleh Tiursani Idawati Sinurat. Sebelum penutupan dilakukan Brainstorming Peran PKRS dalam Penanggulangan Covid-19 oleh Hasiholan Tiroti. Pukul 16.00 penutupan kegiatan pelatihan.

Peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan ini mendapatkan sertifikat dan diharapkan dapat mewujudkan manajemen penyelenggaraan PKRS yang optimal, efektif, efisien, dan berkesinambungan untuk mendukung terwujudnya peningkatan mutu di Rumah Sakit.


38 views0 comments
bottom of page