top of page

Inhouse Training Komunikasi Efektif dalam Pelayanan Rumah Sakit Bersama RSUD Dr. Soedjono

Updated: Dec 3, 2021


Peserta Inhouse Training yang terdiri dari petugas medis maupun non-medis (Dokumentasi : IHPHNet)


Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, Jumat - Sabtu, 19-20 November 2021 Pelatihan Inhouse Training Komunikasi Efektif Dalam Pelayanan di Rumah Sakit ditujukan agar petugas medis serta non-medis RSUD Dr.Soedjono mampu meningkatkan pemahaman dan implementasi teknik komunikasi efektif dalam pelayanan dan asuhan pasien demi terciptanya keselamatan dan kepuasan pasien.


Kegiatan pelatihan tersebut dilakukan dengan presentasi diskusi peserta lebih banyak

( Dokumentasi : IHPHNet)


Dilatarbelakangi oleh definisi Rumah Sakit sebagai institusi pelayanan kesehatan yang sangat kompleks yang didalamnya terdapat berbagai aktivitas yang dilakukan oleh multi profesi juga komunikasi merupakan salah satu kunci dari upaya meningkatkan pelayanan rumah sakit dengan tujuan aplikasi pelayanan berbasis pada pasien (patient centre care). Rumah sakit perlu menyiapkan regulasi, menyediakan fasilitas hingga meningkatkan kompetensi bagi para sumber daya manusia rumah sakit untuk dapat berkomunikasi secara efektif dalam pelayanan pasien di rumah sakit.



dr. Bahrul Anwar, MKM (kiri), dr. M. Tontowi, J. Sp.B (tengah), K.S. Nenggih Wahyuni, SIP, MA (kanan) (Dokumentasi : IHPHNet)


Dibuka secara resmi oleh Direktur RSUD Dr.Soedjono, Selong, Lombok Timur, dr. M. Tontowi, J. Sp.B, kegiatan tersebut diharapkan mendorong adanya pemahaman terhadap regulasi dan pentingnya komunikasi efektif di RSUD dr. R. Soedjono Selong oleh segenap Civitas Hospitalia. Kegiatan tersebut juga diisi oleh narasumber serta fasilitator pelatihan yang merupakan tenaga ahli dari HPH Network Indonesia. Dalam kegiatan tersebut, peserta mendapatkan modul pelatihan, Goodybag, serta Sertifikat peserta.


Penulis : Arnelia Anindya N

Editor : Wa Ode Kalwia Hiwa N


79 views0 comments
bottom of page