top of page

Pelatihan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi Rumah Sakit bersama RSPII Prof. dr. Sulianti Saroso

Updated: Nov 24, 2021



Rangkaian kegiatan Pelatihan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi Rumah Sakit telah selesai dilaksanakan oleh Perkumpulan Rumah Sakit Berbasis Promosi Kesehatan (IHPHNet). Kegiatan ini terdiri dari 2 agenda pertemuan yaitu pada tanggal 9 November 2021 dan 10 November 2021. Total peserta dalam kegiatan ini sebanyak 88 orang.


Acara pembukaan diselenggarakan pada Selasa, 9 November 2021 melalui zoom meeting. Acara pembukaan dimulai pada 08.00 WIB. Dihadiri oleh Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso yaitu dr. Mohammad Syahril, SpP, MPH. Pemaparan materi berlangsung pada pukul 09.30 oleh dr. Bahrul Anwar, MKM materi yang dipaparkan yaitu Peran Komunikasi efektif dalam keselamatan pasien di era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh dr. Dominica Herlijana, Sp.M.,M.Kes dengan pemaparan materi yaitu Manajemen Komunikasi dan Edukasi dalam Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit. Pukul 10.45 dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Deni Purnama, S.Kep., MKM memaparkan materi mengenai Komunikasi Efektif Perubahan Perilaku dalam Edukasi. Dan materi sebelum Ishoma dipaparkan oleh Nenggih Wahyuni, SIP,MA dengan materi tentang Service Excellence: Komunikasi Efektif dalam Budaya Kerja Organisasi.


Pada pukul 13.00, peserta dibagi kedalam 2 breakout room, Room Nakes dengan 60 peserta dan Room Non Nakes 38 peserta. Room Nakes, diberikan pemaparan materi oleh dr. Nurul Aida Fathya Sp.FM., M.Sc dengan materi Teknik Komunikasi Interpersonal di Rumah Sakit (dalam pemberian Informasi untuk Persetujuan/informed consent dan menyampaikan berita buruk/breaking news). dilanjutkan dengan materi dari Hasiholan Tiroi SKp., MS memaparkan terkait Teknik Komunikasi Interpersonal dalam Asuhan Pasien di Rumah Sakit: SBAR dan Dokumentasi Komunikasi Efektif dalam Rekam Medis.

Room Non Nakes diberikan pemaparan materi oleh Nenggih Wahyuni, SIP, MA mengenai Teknik Komunikasi Interpersonal yang efektif di rumah sakit dan materi selanjutnya yaitu Teknik Komunikasi dalam Menghadapi Komplain (Handling Complaint) dan Teknik Komunikasi dalam Situasi Kritis (Crisis Communication).


Pelaksanaan kegiatan pada tanggal 10 November 2021, acara pembukaan dimulai pada pukul 08.30. Para peserta dibagi kedalam 2 breakout room. Kegiatan tanggal 10 November ini memfokuskan para peserta dalam mengimplementasikan terhadap materi yang telah dipaparkan di hari sebelumnya. Kegiatan tersebut dimulai pada pukul 09.00 - 16.30. Para peserta menunjukan antusiasme yang sangat positif dalam kegiatan pelatihan ini. Walaupun dilaksanakan dengan kondisi daring tidak menghalangi keseruan dan tanggapan aktif dari para peserta.


Kegiatan penutupan pelatihan dilaksanakan pada pukul 17.15. Para peserta yang telah mengikuti kegiatan pelatihan ini diharapkan membawa hasil yang positif dan mampu memahami serta melaksanakan komunikasi efektif seluruh staf di Rumah Sakit dalam pemberian informasi dan edukasi baik komunikasi dengan pasien dan keluarga, komunikasi antar petugas, maupun komunikasi dengan masyarakat.



150 views0 comments
bottom of page