top of page

Penyebab Sering Kantuk


Source: freepik.com


Kantuk merupakan kondisi yang terjadi pada setiap manusia yang biasa dirasakan pada malah hari atau siang hari yang membuat seseorang merasa ingin tidur. Umumnya rasa kantuk muncul saat kurang tidur atau karena kelelahan akibat aktivitas sehari-hari.

Kebutuhan waktu tidur tiap manusia berbeda-beda tergantung pada usia. Waktu tidur ideal yang disarankan bagi remaja rentan usia 14-17 tahun yaitu 8-10 jam per hari, orang dewasa usia 18-64 tahun yaitu 7-9 jam per hari, dan anak usia sekolah rentan usia 6-13 tahun yaitu 9-11 jam per hari.

Namun, terkadang rasa kantuk ini sering datang ketika disaat-saat kita merasa sudah memiliki tidur yang cukup. Pastinya gejala tersebut akan sangat mengganggu produktivitas dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Penyebab munculnya gejala sering kantuk dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti :

  • Stress

Stress merupakan reaksi yang dirasakan oleh seseorang ketika menghadapi persoalan yang terjadi di kehidupan sehari-hari. Stress dapat mempengaruhi kinerja tubuh baik secara fisik maupun emosional. Saat stress dapat menyebabkan tidur tak nyenyak yang berakibat sering kantuk pada saat beraktivitas.


  • Minuman beralkohol

Melansir hellosehat.com minum alkohol sebelum tidur dapat meningkatkan hormon epinefrin, hormone stress yang meningkatkan detak jantung dan menstimulasi tubuh yang dapat membuat anda terbangun tengah malam. Sehingga hal tersebut akan menurunkan kualitas tidur dan menyebabkan sering kantuk pada siang hari.


  • Hipersomnia

Hipersomnia adalah keadaan rasa kantuk yang berlebihan di siang hari, melansir halodoc.com menyebutkan beberapa faktor pemicu hipersomnia yaitu kekurangan waktu tidur dalam sehari, mengidap sleep apnea, perokok aktif dan sering mengkonsumsi alkohol berlebihan, memakai NAPZA, mengidap depresi, dan lain-lain. Pengidap hipersomnia akan merasakan gejala seperti lelah sepanjang hari, selalu mengantuk, sulit berkonsentrasi, selalu merasa butuh tidur siang, dan selalu merasa cemas.

  • Restless legs syndrome

Restless legs syndrome atau sindrom kaki gelisah merupakan gejala yang timbul akibat dorongan yang besar untuk menggerakkan kaki saat dalam keadaan duduk diam atau ditempat tidur. Gejala yang timbul dari sindrom ini akan berpengaruh pada kegiatan sehari-hari. Orang dengan sindrom kaki gelisah cenderung mengalami kesulitan untuk tidur pada malam hari yang berakibat pada kelelahan di siang hari sehingga munculah gejala sering kantuk.

Kondisi mudah kantuk ini dapat diatasi dengan beberapa hal yaitu:

  • Mulai membiasakan diri dan konsisten tidur di jam tepat setiap harinya, misalnya mulai tidur di jam 10 malam.

  • Hindari olahraga, makanan berat, dan mengkonsumsi kopi sebelum tidur.

  • Mengurangi atau berhenti mengonsumsi minuman beralkohol.

  • Berolahraga secara teratur.

  • Beri waktu untuk diri sendiri seperti liburan untuk mengurangi stress.

  • Konsumsi makanan yang bernutrisi.

Sering merasa kantuk di siang hari merupakan permasalahan yang sangat mengganggu untuk setiap orang. Beberapa tips yang telah disebutkan diatas dapat diikuti agar dapat menolong permasalahan kantuk ini. Namun jika sobat #healthpromoter tetap merasa kantuk secara berlebihan setelah mengikuti beberapa tips dan berlangsung lama, sebaiknya konsultasikan masalah tersebut dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan aman.


Referensi :

Alodokter (2021). 5 Cara Tidur Nyenyak yang Patut Dicoba

Hellosehat (2021). Sering Mengantuk Padahal Sudah Cukup Tidur? Ini 7 Kemungkinan Penyebabnya.

Halodoc (2021). Kenali Hipersomnia, Gejala Sering Mengantuk di Siang hari.

Alodokter (2021). Memenuhi Waktu Tidur yang Ideal Demi Kesehatan.

Alodokter (2021). Atasi Penyebab Mudah Menagntuk dari Sekarang.

Healthline (2021). Everything You Need To Know About Restless Leg Syndrome (RLS).


5 views0 comments

Recent Posts

See All

댓글


bottom of page