top of page

Pandemi dan SDG’s


SDG’s merupakan kepanjangan dari Sustainable Development Goals atau yang dalam bahasa Indonesia dapat kita sebut dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau TPB. SDG’s atau TPB merupakan rencana atau aksi secara global yang sudah disetujui oleh para pemimpin dunia, termasuk Indonesia. SDG’s ini dibentuk dan direncanakan untuk mencapai beberapa tujuan, tujuan dari SDG’s ini sendiri terdapat 17 tujuan. Berikut merupakan 17 tujuan dari SDG’s :

  1. Tanpa kemiskinan

  2. Tanpa kelaparan

  3. Kehidupan sehat dan sejahtera

  4. Pendidikan berkualitas

  5. Kesetaraan gender

  6. Air bersih dan sanitasi layak

  7. Energi bersih dan terjangkau

  8. Pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi

  9. Industri, inovasi, dan infrastruktur

  10. Berkurangnya kesenjangan

  11. Kota dan pemukiman yang berkelanjutan

  12. Konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab

  13. Penanganan perubahan iklim

  14. Ekosistem lautan

  15. Ekosistem daratan

  16. Perdamaian keadilan dan kelembagaan yang tangguh

  17. Kemitraan untuk mencapai tujuan.

Tujuan tersebut sudah terlampir dalam Perpres nomor 59 Tahun 2017, tidak hanya tujuan saja, namun sasaran global, dan sasaran nasional juga terlampir di dalamnya. Tujuan tersebut diharapkan dapat terwujud pada tahun 2030.

Pada dasarnya SDG’s diharapkan dapat mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan. Namun kesehatan termasuk dalam salah satu tujuan mereka. Di masa pandemi seperti ini, menjadi tantangan bagi para pemerintah serta masyarakat dalam mewujudkan SDG’s ini. Pemerataan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, juga terdampak dari pandemi. Untuk itu, Presiden Jokowi menegaskan pada masyarakat bahwa harus ada kerja sama dan solidaritas yang tinggi serta perlu meningkatkan inovasi. Program vaksinasi diharapkan dapat membantu memulihkan keadaan, sehingga SDG’s dapat terus bergerak dan terwujud di tahun 2030. Selain vaksinasi, penerapan protokol kesehatan serta adanya PPKM juga diharapkan dapat membantu memulihkan keadaan. Untuk itu, masyarakat diharapkan dapat menerapkan beberapa hal tersebut dalam rangka upaya perwujudan dari SDG’s.



Sumber :





11 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page