top of page

Meaningful and Wellness with Meditate


source : freepik.com


Selama hidup manusia akan dituntut untuk melakukan sesuatu. Apa yang dilakukan manusia tidak terlepas dari konflik dan masalah, sehingga tugas kita sebagai manusia adalah menyelesaikan dan menguraikannya satu persatu. Namun hal tersebut berbanding terbalik dengan keinginan manusia, yang mendambakan ketenangan dalam hidup. Untuk itu, manusia perlu sebuah media untuk tetap bisa merasakan ketenangan di antara tuntutan tugas dan masalah yang ada. Meditasi bisa menjadi salah satu media yang digunakan pada hal tersebut.

Meditasi merupakan suatu proses pemusatan perhatian yang menyebar menjadi satu perhatian yang dilakukan secara sadar (Juniartha, M., 2017). Dalam tradisi Buddhis, meditasi berasal dari kata bhavana yang artinya pembudayaan atau pengembangan mental (Surya & Wijoyo., 2020). Namun saat ini, meditasi sudah diadaptasi oleh ranah medis, untuk kesehatan fisik maupun mental. Hal ini didukung dengan metode meditasi baru yang sedang populer yaitu stress reduction meditation (Salzberg dan Kabat-Zinn dalam Goleman, 2002). Dalam istilah medis, yang merujuk pada psikologi, meditasi mengacu pada sekelompok latihan untuk membatasi pikiran dan perhatian (Smith, 1975 dalam Subandi, 2003).

Proses meditasi yang merujuk pada pembatasan, pelatihan, dan pemusatan perhatian dan pikiran, membantu seseorang untuk meningkatkan kesadaran akan dirinya sendiri. Hal ini membantu dalam mengatur dan menguasai self-control masing-masing individu. Secara tidak langsung, proses praktik meditasi membantu seseorang dalam mengolah dan mengatur perasaan maupun emosi. Yang mana, pengelolaan dan kontrol emosi yang baik akan mempengaruhi kesehatan baik secara fisik maupun secara psikis. Dengan kelola dan kontrol emosi yang baik, akan menurunkan faktor risiko dari beberapa penyakit berikut :

  • penyakit jantung

  • tekanan darah tinggi

  • hepatitis

  • sakit kepala

  • stroke

  • gangguan tidur.

Tak hanya menurunkan faktor risiko dari beberapa penyakit, berikut merupakan manfaat yang akan didapatkan dengan melakukan meditasi :

  • mencegah dan meringankan kecemasan serta stres

  • membantu mengatur emosi

  • melatih pikiran positif dan afirmasi positif

  • mengurangi rasa nyeri

  • membuat tidur menjadi lebih nyenyak

  • meningkatkan konsentrasi, daya ingat, dan mencegah pikun

  • memperkuat daya tahan tubuh.

Sobat health promoters dapat mengakses panduan meditasi melalui beberapa platform seperti Youtube dan Spotify. Channel Youtube dari Satu Persen dan akun Spotify dari Meditate with Tsamara dapat membantu sobat health promoters melakukan meditasi untuk pemula.








sumber :

Alodokter. (n,d). Meditasi untuk Mengatasi Stres dan Penyakit. https://www.alodokter.com/sering-sakit-dan-stres-coba-meditasi

Baskara, A., Soetjipto, H. P., & Atamimi, N. (2008). Kecerdasan emosi ditinjau dari keikutsertaan dalam program meditasi. Jurnal Psikologi, 35(2), 101-115.

Juniartha, M. G. (2017). Teknik Meditasi Pada Perkumpulan Bali Usada Di Desa Sanur Kauh Kecamatan Denpasar Selatan Kota Denpasar (Kajian Teologi Kesehatan Hindu). VIDYA SAMHITA: Jurnal Penelitian Agama, 3(1).

Wijoyo, H., & Surya, J. (2017). Analisis penerapan Meditasi Samatha Bhavana di Masa covid-19 terhadap Kesehatan mental umat buddha vihara dharma loka pekanbaru. Sumber, 329.


7 views0 comments

Recent Posts

See All

Comentários


bottom of page