top of page

MARI KENALI “MATA LELAH” YANG KERAP TIMBUL KETIKA WFH

sumber : freepik.com


Halo health promoters, di masa pandemi ini apakah mata kalian sering terasa lelah karena harus berhadapan dengan gadget seharian? Work from home yang merubah kebiasaan kita yang awalnya sering bertemu orang lain secara langsung mengharuskan kita mengubah kebiasaan tersebut untuk selalu bertemu dengan orang lain melalui gadget yang kerap kali menyebabkan mata terasa lelah. Mata lelah adalah suatu keadaan dimana mata kita terasa lelah yang dapat disebabkan karena melakukan aktivitas seperti membaca, menatap layar gadget terlalu lama, dan menyetir kendaraan dengan jarak yang cukup jauh.


Ketika mata terasa lelah, umumnya akan muncul gejala seperti mata yang berair, perih, gatal, hingga sakit kepala. Pada dasarnya, mata lelah bukanlah suatu penyakit yang serius atau penyakit yang berbahaya, sebab akan pulih dengan sendirinya ketika kita mengambil jeda sedikit untuk mengistirahatkan mata. Kendatipun tidak berbahaya, jika gejala yang ditimbulkan dari mata lelah terasa sangat mengganggu akan lebih baik jika memeriksakannya ke dokter.


Gejala mata lelah yang kerap kali timbul di keseharian kita pada masa pandemi ini, menuntut kita untuk pintar-pintar mencari cara meminimalisir gangguan atau rasa tidak nyaman dari mata lelah tersebut. Hal yang dapat dilakukan yaitu dengan cara :


1. Posisikan jarak pandang antara layar gadget dan mata


Jarak pandang yang aman antara layar gadget dan mata idealnya adalah 50-100 cm. Kemudian posisikan postur badan dengan duduk secara tegak dan punggung bersandar pada kursi agar tubuh tetap nyaman selama bekerja di depan layar gadget. Posisi tersebut sangat penting untuk mengurangi risiko mata lelah.


2. Layar gadget dengan pencahayaan yang cukup


Saat bekerja pastikan layar gadget yang digunakan tidak terlalu gelap atau terlalu terang. Memaksakan mata untuk melihat layar monitor yang redup juga dapat menjadi penyebab umum mata lelah. Maka dari itu penting sekali untuk mengecek dan mengatur pencahayaan pada gadget yang digunakan saat bekerja agar tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap.


3. Alihkan pandangan sejenak


Mengalihkan pandangan sejenak yaitu mengambil sedikit waktu untuk mengistirahtakan mata. Dapat dilakukan dengan cara mengalihkan pandangan selama 20 detik, setiap 20 menit sekali. Selain itu bisa juga dengan mengalihkan pandangan dengan fokus pada objek yang jauh selama beberapa detik.


4. Pastikan pencahayaan di ruangan kerja tidak terlalu terang.


Selain mengatur pencahayaan pada layar gadget, pencahayaan diruangan juga memiliki peran penting untuk mencegah mata lelah. Pastikan cahaya di ruangan kerja tidak menyilaukan pandangan mata.


5. Sering mengedipkan mata


Mengedipkan mata berfungsi untuk mencegah mata menjadi kering. Lakukan kebiasaan ini setiap 20 menit sebanyak 10 kali.


Selain tips mencegah agar mata tidak lelah, faktor utama agar mata tetap berfungsi dengan baik yaitu untuk selalu menjaga kesehatan mata dengan beberapa cara, seperti:


1. Mengonsumsi makanan yang bergizi


Menjaga kesehatan mata dapat dimulai dengan cara mengonsumsi makanan yang bergizi dan baik untuk kesehatan mata. Makanan yang dikenal sangat baik untuk kesehatan mata yaitu wortel. Selain itu untuk menjaga kesehatan mata dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, dan vitamn E.


2. Hindari penggunaan tetes mata yang berlebihan


Penggunaan tetes mata dianjurkan ketika mata terasa kering atau kemerahan. Penggunaan tetes mata yang berlebihan hanya akan menimbulkan risiko kesehatan mata yang baru misalnya saja mata terasa pedih, nyeri, hingga iritasi. Obat tetes mata sebaiknya digunakan sesuai kebutuhan saja.


3. Hindari kebiasaan merokok


Faktanya kebiasaan merokok juga menjadi salah satu kebiasaan yang tidak baik untuk kesehatan mata. Penyebabnya karena asap rokok beresiko menyebabkan mata menjadi kering. Risiko bahaya lainnya adalah meningkatkan risiko katarak dan bagi ibu hamil akan mengganggu kesehatan mata bayi di dalam kandungannya.


4. Periksakan mata secara rutin


Lakukan pemeriksaan secara berkala untuk mencegah adanya risiko yang lebih lanjut. Periksakan mata secara rutin setidaknya 2 tahun sekali. Melakukan pemeriksaan sangat penting dilakukan untuk mengetahui kondisi mata sebab seiring bertambahnya usia, kesehatan pada mata juga pasti menurun. Pemeriksaan ini bertujuan agar dapat mendeteksi jika mata kita mengalami gangguan kesehatan tertentu.


Sehingga, di masa pandemi ini, sangat penting bagi kita semua untuk selalu menjaga kesehatan mata dan selalu mencegah mata dari kelelahan. Tuntutan untuk selalu bekerja di depan layar gadget dalam waktu yang lama seringkali membuat mata terasa tidak nyaman. Jika kondisi mata mulai terasa menganggu segera melakukan pemeriksaan mata ke.dokter dirumah sakit terdekat agar mendapatkan penanganan yang tepat.


7 views0 comments

Recent Posts

See All

Kommentare


bottom of page