top of page

Manfaat Yoga


Yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang dapat menimbulkan ketenangan dan kedamaian. Berdasarkan Ridwan (2009) yoga merupakan mekanisme penyatuan dari tubuh atau body, pikiran atau mind, dan jiwa atau soul. Yoga berasal dari kata ‘yuj’ yang berarti menghubungkan, sehingga yoga berarti pengendalian aktivitas pikiran dan merupakan roh pribadi dengan roh tertinggi (Dwitayasa, 2018). Yoga merupakan olahraga yang mengkombinasikan antara teknik bernapas, relaksasi dan meditasi serta latihan peregangan. Hal tersebut yang akhirnya menimbulkan efek relaksasi dan ketenangan setelah melakukan yoga, selain itu yoga juga dapat meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Timbulnya efek tenang setelah melakukan yoga disebabkan karena terproduksinya hormon endorphin ketika melakukan yoga.

Yoga merupakan sebuah penemuan dari kepurbakalaan pada jaman kebudayaan di Kota Harappa dan Mohenjodaro. Kemudian diwujudkan dalam sebuah patung, yaitu patung Dewa Siwa dan Dewi Parwati yang sedang melakukan berbagai asanas yang berbeda-beda. Terdapat sebuah keyakinan bahwa Dewa Siwa merupakan guru yoga dan Dewi Parwati adalah muridnya (Yudhiantara dalam Dwitayasa, 2013). Seiring berkembangnya jaman, yoga juga terus berkembang dengan beberapa pengaruh dari beragam budaya. Adanya pengaruh dari beragam budaya, menyebabkan terciptanya berbagai jenis yoga. Berikut merupakan jenis-jenis yoga :

  • Yoga Hatha : berfokus pada aspek fisik dibanding mental

  • Yoga Ashtanga : terdiri dari 6 postur yoga yang kuat dan menantang

  • Yoga Power : yoga yang dinamis dan menantang

  • Yoga Bikram : yoga yang dilakukan di ruangan panas, dengan suhu kurang lebih 40,6 derajat celcius

  • Yoga Iyengar : yoga yang menggunakan benda seperti tali, kursi, selimut, dll

  • Yoga Kundalini : menggabungkan rangkaian gerakan, meditasi dan nyanyian untuk membangkitkan tenaga dalam dari bawah tulang belakang.

Setelah melihat beberapa fakta tentang yoga, apakah kamu tertarik untuk melakukan olahraga ini? Nah selain hal-hal diatas ternyata masih ada beberapa manfaat yoga, berikut merupakan manfaat yang bisa kamu dapatkan dari olahraga yoga :

  • Membantu mencegah penyakit jantung, artritis, asma, dan tekanan darah tinggi

  • Melancarkan pernapasan

  • Menguatkan keseimbangan tubuh

  • Menjaga kebugaran tubuh

  • Mengurangi stres

  • Relaksasi dan pemulihan otot setelah olahraga.

Jadi tunggu apa lagi? Lakukan yoga untuk mendapat banyak manfaat.









Sumber :

Alodokter. (2021, November 03). Memaksimalkan manfaat Yoga untuk Kesehatan Jiwa dan Raga. https://www.alodokter.com/maksimalkan-manfaat-yoga-untuk-kesehatan-jiwa-dan-raga

Deswika, F. (2021, November 11). Mengenal Jenis-Jenis Yoga dan Manfaatnya Bagi Kesehatan. https://hellosehat.com/kebugaran/kelenturan/manfaat-yoga-untuk-kesehatan/

Dinata, W. W. (2015). Menurunkan Tekanan Darah Pada Lansiamelalui Senam Yoga. JORPRES (Jurnal Olahraga Prestasi), 11(2).

Dwitayasa, I. M. (2020). Hidup Sehat Bersama Yoga. Jurnal Yoga Dan Kesehatan, 1(1), 83-91.


4 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page