top of page

Manfaat Daun Kelor bagi Ibu Menyusui

Source: freepik.com


Air susu ibu merupakan asupan gizi yang sangat baik untuk bayi sejak ia lahir sampai umur 2 tahun. Pemberian ASI eksklusif diberikan selama 6 bulan untuk meningkatkan pertumbuhan, perkembangan, dan kesehatan pada bayi. Sehingga para ibu harus memperhatikan konsumsi gizi agar dapat menghasilkan asi yang melimpah.

Salah satu makanan yang dipercaya dapat meningkatkan hasil ASI yaitu daun kelor. Kelor diketahui mengandung karbohidrat, protein, lemak, serta mineral dan vitamin. Protein pada daun kelor diketahui dapat mempengaruhi produksi ASI.

Daun kelor mengandung steroid yang Bernama fitosterol yang dapat meningkatkan hormone prolactin melalui stimulasi pada sel sekretori kelenjar susu sehingga merangsang sel epitel alveolar untuk meningkatkan produksi ASI. Selain meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui, daun kelor juga memberikan banyak manfaat kepada ibu menyusui yaitu :

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Daun kelor merupakan makanan yang kaya akan antioksidan dan vitamin C sehingga sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh ketika menyusui. Aktivitas menyusui membutuhkan tenaga ekstra karena sering kali ibu menyusui harus terjaga pada malam hari dan juga kurang tidur. Daun kelor juga dapat mengatasi rasa lemas dan kelelahan karena mengandung zat besi.


  • Mengatasi anemia

Anemia merupakan kondisi tubuh yang kekurangan sel darah merah. Dengan rutin konsumsi daun kelor dapat membantu untuk mengatasi anemia karena daun kelor dapat meningkatkan kadar hemoglobin (Hb).

Melansir haibunda.com penelitian pada tahun 2015 yang diterbitkan dalam International Journal of Sciences: Basics and Applied Research, hasil penelitian bahwa intervensi berupa ekstrak daun kelor dapat meningkatkan kadar Hb pada ibu menyusui sebesar 0,30 g/dl. Peneliti menyebut dengan mengkonsumsi daun kelor bubuk 100 gr per minggu selama tiga bulan dapat meningkatan konsentrasi Hb ibu menyusui dan mengatasi anemia.


  • Membantu pembekuan darah

Pembekuan darah adalah kondisi alami tubuh untuk menghentikan pendarahan. Setelah melahirkan, mungkin seorang ibu akan sering mengalami pendarahan. Daun kelor memiliki kandungan vitamin K yang sangat baik untuk membantu pembekuan darah.


  • Memenuhi kebutuhan kalsium

Melansir health.kompas.com ibu menyusui membutuhkan tambahan kalsium lebih banyak, berdasar pada pedoman Angka Kecukupan Gizi (AKG), ibu menyusui rata-rata membutuhkan tambahan kalsium 200 mg per hari. Daun kelor dipercaya sebagai salah satu sumber alami kalsium yang dimana kandungan kalsiumnya empat kali lipat lebih banyak dari susu.

Cara mudah untuk dapat merasakan manfaat dari daun kelor yaitu dimasak sebagai sayuran. Selain itu ada juga yang menjadikannya sebagai teh.

Dengan demikian, daun kelor yang sering dikaitkan dengan hal yang mistis ternyata memiliki banyak manfaat bagi ibu menyusui terkhususnya untuk meningkatkan produksi ASI. Namun, bagi sobat #healthpromoter ketika mengalami masalah pada produksi ASI jangan ragu untuk konsultasi kepada dokter untuk mendapatkan solusi yang tepat.


Referensi :

Ita Sajek Prayekti. Skripsi, Efektivitas Daun Kelor (Moringa oleifera), sebagai Galaktagog Pada Ibu Menyusui : An Update Systematic Review, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin Makassar 2021

Indri Seta Septadina dkk, Efek Pemberian Ekstrak Daun Kelor (Moringa oleifera) dalam Proses Menyusui, Sriwijaya Journal of Medicine, Vol. 1 No. 1, Januari 2018

Alodokter (2021). Ketahui 5 Manfaat Daun Kelor untuk Ibu Menyusui

HaiBunda (2021). 8 Manfaat Daun Kelor untuk Ibu Menyusui dan Dosis Aman Konsumsinya.


3 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page