top of page

MAKANAN ATAU MINUMAN YANG “KATANYA” TIDAK BOLEH DIKONSUMSI SAAT MENSTRUASI

Halo kawan #healthpromoter, pernah tidak kalian merasa ragu untuk memakan atau meminum sesuatu pada saat menstruasi karena mendengar kabar akan membawa dampak buruk bagi kesehatan? Fenomena tersebut sering kali terjadi karena kurangnya edukasi mengenai menstruasi. Hingga saat ini, informasi hoax atau mitos terkait menstruasi yang sampai sekarang masih dipercayai.


1. Minum air es membuat darah haid jadi beku

Di Masyarakat sekitar masih banyak yang mempercayai bahwa dengan meminum air es saat haid akan memicu darah menjadi beku yang dapat menyebabkan kanker. Faktanya, tidak ada bukti ilmiah yang memvalidasi informasi tersebut. Saat sedang menstruasi, wanita dianjurkan untuk banyak minum air putih, baik itu ari bisa, air es, atau air hanga untuk mencegah dehidrasi. Air putih memiliki banyak manfaat yang dapat membantu meringankan gejala umum saat menstruasi.


2. Meminum soda dapat memperlancar haid

Anggapan terkait minuman soda berpengaruh untuk melancarkan haid merupakan mitos. Soda termasuk minuman yang tidak baik untuk kesehatan karena mengandung gula yang cukup tinggi dan tidak baik dikonsumsi saat haid karena mengandung afein yang sangat tinggi. Kafein yang terkandung dalam soda dapat memicu gejala tidak nyaman saat haid seperti kram perut, kembung dan sakit punggung. Maka sebaiknya, minuman soda dihindari saat sedang menstruasi.


3. Tidak boleh makan nanas

Hoax yang masih simpang siur dikalangan wanita adalah jika nanas maka akan memicu keputihan yang berlebih. Faktanya, buah nanas memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena kaya akan vitamin C. Mengonsumsi buah nanas dengan cukup pada saat menstruasi justru dapat membantu mengurangi nyeri karena nanas memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk mengurangi kram perut saat menstruasi.


4. Makan mentimun memicu kanker

Mentimun merupakan buah yang memiliki nutrisi yang melimpah, kaya akan kandungan antioksidan, vitamin a, vitamin c, mangan, dan masih banyak lagi. Mitos yang beredar di tengah masyarakat mengenai bahaya mentimun bagi organ reproduksi yaitu jika dikonsumsi saat menstruasi maka darah menstruasi tidak lancar dan memicu kanker ovarium. Kenyataannya, mentimun tidak akan mengganggu proses keluarnya darah menstruasi, lancar atau tidaknya menstruasi dipengaruhi oleh keseimbangan hormon.


Nah, gimana kawan-kawan #healthpromoter, sekarang sudah lebih paham kan? Ternyata masih banyak informasi hoax atau mitos yang beredar mengenai makanan atau minuman seperti diatas yang terkadang sering membuat kita menjadi khawatir untuk dikonsumsi saat menstruasi. Selain 4 contoh diatas masih ada makanan yang sangat baik dikonsumsi saat menstruasi seperti sayur-sayuran, cokelat, jahe, dan kunyit yang dapat meringankan gejala nyeri saat menstruasi. Namun, jika mengalami gejala nyeri yang luar biasa jangan lupa untuk segera konsultasikan ke dokter agar mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat.


3 views0 comments

Recent Posts

See All

댓글


bottom of page