top of page

KENALI PENYEBAB DAN GEJALA MENOPAUSE PADA WANITA

source : freepik.com

Teman-teman pasti mengetahui bahwa setiap wanita setiap bulannya mengalami proses keluarnya darah dari vagina yang dinamakan menstruasi. Menstruasi ini normalnya terjadi usia 10-14 tahun, namun tidak dapat dipungkiri juga terdapat beberapa wanita yang mengalami menstruasi lebih cepat yaitu pada usia 9 tahun dan mengalami menstruasi lebih lambat yaitu diatas usia 15 tahun atau lebih. Namun, ketika seorang wanita memasuki usia 45 hingga 55 tahun biasanya siklus menstruasi akan berakhir secara alami yang dinamakan Menopause.

Wanita dapat dikatakan telah menopause jika tidak mengalami haid selama 12 bulan berturut-turut. Menopause ini tidak akan terjadi secara tiba-tiba, biasanya akan terjadi perubahan pada siklus menstruasi beberapa tahun sebelumnya. Peristiwa tersebut dinamakan masa perimenopause. Maka dari itu apa saja penyebab menopause :

  • Pertambahan usia

Dengan seiring bertambahnya usia wanita, maka akan terjadi penurunan fungsi indung telur yang menyebabkan perubahan produksi hormon kewanitaan yaitu estrogen dan progesteron.


  • Perawatan Medis

Ketika dalam masa pengobatan yang menggunakan perawatan medis seperti kemoterapi dan radioterapi dapat menjadi efek samping penyebab menopause. Hal tersebut disebabkan karena adanya gelombang radiasi yang dapat menanggu ovarium.


  • Kegagalan Ovarium

Kondisi ini terjadi ketika ovarium tidak berfungsi secara normal yang biasanya terjadi saat wanita belum mencapai usia normal menopause yaitu 40 tahun. Akibat dari kegagalan ovarium adalah wanita sulit untuk hamil.


  • Operasi Pengangkatan Rahim

Operasi ini dilakukan dengan tujuan untuk mengobati penyakit pada organ reproduksi wanita. Menopause dapat disebabkan oleh operasi pengangkatan rahim yang dimana siklus menstruasi akan berhenti dan juga mandul.

Sebelum terjadinya menopause maka akan muncul beberapa gejala atau tanda-tanda yaitu berupa :

  • Perubahan siklus menstruasi

Pada saat wanita memasuki masa perimenopause, maka siklus menstruasi akan menjadi tidak teratur dan jumlah darah yang keluar juga berbeda dari menstruasi saat siklus masih normal. Saat masa ini, wanita masih memiliki kemungkinan untuk hamil.


  • Perubahan fisik

Perubahan fisik yang terjadi pada wanita yang mengalami menopause tandanya dapat terlihat dari kondisi kulit yang mulai kendur karena produksi kolagen yang semakin berkurang seiring bertambahnya usia. Rambut rontok dan kering yang diakibatkan karena berkurangnya hormon estrogen dan penuaan.


  • Perubahan seksual

Seiring bertambahnya usia, produksi estrogen dalam tubuh juga berkurang yang dapat mempengaruhi menurunnya gairah seksual, menyebabkan vagina kering dan munculnya rasa nyeri saat berhubungan.


  • Merasa gerah sampai mudah berkeringat (Hot Flashes)

Hot flashes adalah keadaan dimana tubuh tiba-tiba merasa panas yang biasa terjadi pada wajah, leher, dan dada. Keadaan ini merupakan hal yang normal ketika wanita sedang mengalami menopause. Hot Flashes akan berkurang seiring waktu.


Setiap wanita yang mengalami menopause memiliki gejala yang berbeda-beda, jika gejala yang dirasakan oleh teman-teman #healthpromoter segera hubungi dokter dan kunjungi rumah sakit terdekat. Jangan lupa untuk tidak mendiagnosis diri sendiri. Salam Sehat.


1 view0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page