top of page

HPH Melawan Hoax : Apakah Benar Wortel dapat Mengobati Mata Minus?


Source : freepik.com


Mata merupakan salah satu bagian tubuh yang memiliki peran yang sangat penting. Namun, akan menjadi sangat tidak nyaman jika mata mengalami gangguan misalnya saja mata minus. Ketika mata minus biasanya orang-orang akan menggunakan kacamata, tapi tidak asing juga kita sering mendengar salah satu tips yang beredar di masyarakat yaitu dengan mengkonsumsi wortel maka akan menyembuhkan mata minus. Apakah benar secara medis wortel dapat menyembuhkan mata minus?


Faktanya hal tersebut hanya mitos belaka. Pada dasarnya, wortel memang memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan mata namun jika wortel dianggap sebagai obat mujarab untuk menyembuhkan mata minus, itu adalah anggapan yang salah. Wortel memiliki kandungan gizi yang banyak diperlukan oleh tubuh terutama sebagai sumber vitamin A. Wortel banyak mengandung vitamin A karena disebabkan oleh tingginya kandungan beta karoten yang diangap sangat baik untuk kesehatan mata. Vitamin A yang ada pada wortel juga sangat berperan dalam proses pertumbuhan, reproduksi, penglihatan, serta sel-sel epitel pada mata.


Maka dari itu pandangan masyarakat terkait wortel yang memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan mata tidaklah sepenuhnya salah. Wortel juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya defisiensi vitamin A. Namun perlu diingat bahwa wortel dapat mengatasi mata minus hanyalah mitos. Mata minus terjadi karena bentuk bola mata menjadi lebih panjang dibandingkan dari orang normal. Kandungan vitamin A pada wortel tidak dapat mengubah bentuk bola mata yang menyebabkan minus.


Sehingga untuk mengatasi mata minus terdapat berbagai cara misalnya saja tidak membaca ditempat yang gelap, membaca dengan posisi duduk dan jarak pandangan yang benar yaitu sekitar 30 cm, tidak melihat layar gadget dalam waktu yang lama, tidak sering mengistirahatkan mata, dan mengonsumsi makanan yang kaya akan gizi baik untuk mata.


Maka dari itu sobat #healthpromoter jika memiliki gangguan mata minus jangan lupa untuk memeriksakan diri ke dokter agar mengetahui langkah baik apa yang selanjutnya dilakukan untuk mencegah mata minus agar tidak semakin parah.



Referensi :

Rahmayani dkk, CARBED (Carrot Bread) sebagai Sayuran Instan untuk Anak Kekurangan Vitamin A, Industrial Research Workshop and National Seminar Politeknik Negeri Bandung, Juli 26-27 2017

Halodoc.com Diakses pada 2020. Benarkah Mengkonsumsi Wortel dapat Mengurangi Mata Minus?

Klikdokter.com. Diakses pada 2020. Konsumsi Wortel untuk mengatasi Mata Minus, Efektifkah?


2 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page