top of page

HARI TANPA BRA SEDUNIA: APA ITU? DAN CARA MENJAGA KESEHATAN PAYUDARA DARI KANKER


Setiap tahunnya pada tanggal 13 Oktober diperingati sebagai hari Tanpa Bra Sedunia untuk memperingati kesadaran akan kesehatan payudara. Payudara merupakan organ tubuh manusia baik wanita maupun pria yang terletak pada bagian dada yang terbentuk dari kumpulan jaringan, kelenjar, saraf, dan pembuluh darah. Kampanye ini bertujuan untuk mengajak para perempuan di dunia untuk meningkatkan kepekaan dalam menjaga kesehatan payudara. Selain memperingati tentang pentingnya kesehatan payudara, gerakan ini juga hadir guna memperingati pentingnya kesadaran mengenai kanker payudara dan juga pencegahannya.

Kanker payudara termasuk kanker yang sangat umum menjangkit para perempuan sehingga setiap wanita wajib akan kesadaran dengan mengidentifikasi atau melakukan pemeriksaan yang rutin sebagai bentuk pencegahan awal. Kanker payudara dapat menjangkit wanita maupun pria, namun pada kasusnya wanita lebih rentan terserang kanker payudara. Sehingga sebagai wanita hendaknya lebih peduli mengenai kesehatan payudaranya sendiri. Payudara yang sehat memiliki ciri-ciri seperti tidak ada benjolan, tidak mengeluarkan cairan, tidak terasa sakit, dan kulit payudara tidak kering, kemerahan, serta gatal. Dengan demikian apa saja cara merawat payudara agar tetap sehat?

1. Istirahat yang cukup

Untuk menjaga kesehatan payudara, maka wajib untuk mengatur pola istirahat yang benar salah satunya dengan membiasakan diri tidur sebelum jam 9 malam. Begadang dapat mengganggu hormon melatonin yang diproduksi tubuh, yang akan menyebabkan meningkatnya hormon estrogen yang dapat memicu kanker.

2. Tidak merokok

Merokok merupakan salah satu penyebab terbesar kanker. Rokok mengandung bahan kimia seperti nikotin dan bahan berbahaya lainnya yang dapat memicu kanker. Perlu diketahui juga tidak hanya perokok aktif yang berisiko terkena kanker namun perokok pasif juga memiliki resiko yang tinggi terkena penyakit kanker payudara.

3. Mengonsumsi makanan sehat

Perlu kita ketahui bersama, salah satu cara terbaik untuk mencegah diri dari kanker yaitu dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Beberapa makanan yang baik untuk mencegah kanker adalah sayur hijau seperti bayam, sawi, brokoli, dan lainnya. Kemudian makanan lainnya seperti kacang-kacangan, buah seperti apel, anggur merah, buah beri, dan berbagai macam ikan seperti salmon dan sarden juga dipercaya dapat memberikan perlindungan dari kanker.

4. Berolahraga

Melakukan olahraga secara rutin memiliki dampak yang sangat baik bagi tubuh khususnya untuk melindungi tubuh agar tidak rentan terkena penyakit. Olahraga yang dilakukan tidak harus olahraga yang berat, dengan melakukan gerakan ringan dengan durasi sekitar 20-30 menit sudah sangat cukup. Dengan berolahraga maka akan meningkatkan metabolisme dan kekebalan tubuh sehingga dapat mengurangi risiko terkena penyakit berbahaya.

Dengan demikian, sangat penting bagi kita semua untuk selalu menjaga diri betapa pentingnya kesehatan payudara. Kesadaran tersebut berlaku untuk wanita maupun pria. Jika kamu merasakan suatu hal yang aneh misalnya saja terdapat area tertentu yang terasa sakit atau nyeri yang tidak biasa, sebaiknya kamu melakukan pemeriksaan fisik yang diharapkan dapat mengatasi dampak buruk yang mungkin saja terjadi.

8 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page