top of page

Hari Kesadaran Keguguran Kehamilan dan Kematian Bayi


sumber : freepik.com


Bagi banyak orang tua, anak adalah harapan dan kebahagiaan. Namun hal tersebut berubah setelah peristiwa keguguran dan kematian bayi. Kematian merupakan sebuah peristiwa yang menyedihkan, bagi siapapun yang ditinggalkan. Apalagi kematian dari orang yang kita cintai. Peristiwa keguguran atau kematian bayi, tentu menjadi suatu pukulan bagi orang tua, sesingkat apapun waktunya. Perasaan sedih dan kalut tentu akan menyelimuti peristiwa seperti ini, namun peristiwa keguguran dan kematian bayi masih belum dianggap signifikan atau hal yang berarti di masyarakat. Hal ini tak jarang membuat para orang tua akhirnya menyimpan rasa sedihnya sendiri.


Kepedulian terhadap para orang tua yang mengalami peristiwa ini, menjadi landasan untuk diperingatinya hari kesadaran keguguran kehamilan dan kematian bayi, di tanggal 15 Oktober. Hari peringatan kesadaran keguguran kehamilan dan kematian bayi, dicetuskan oleh Ronald Reagan yang saat itu menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat 1988. Namun kampanye dan gerakan kesadaran ini sudah dimulai oleh para aktivis sejak tahun 1983.


Hari peringatan kesadaran keguguran kehamilan dan kematian bayi, diharapkan dapat memberi dorongan serta dukungan bagi orang tua untuk melewati masa sedihnya. Selain itu, hari peringatan ini juga mengajak para keluarga, kerabat, dan masyarakat untuk lebih sadar dan peduli terhadap perasaan dan keadaan orang tua yang sedang kehilangan. Bagaimanapun anak adalah harapan dan sumber kebahagiaan bagi orang tua. Oleh sebab itu, hari peringatan ini mengajak para orang tua untuk merayakan keberadaan buah hati mereka meskipun singkat. International wave of light adalah salah satu cara mengenang buah hati mereka, yaitu dengan menyempatkan menyalakan lilin waktu di tanggal 15 Oktober jam 7 malam, waktu setempat selama satu jam.




sumber :

Halida, R. (2015, Oktober 15). 15 Oktober, harinya mereka yang tak pernah lahir. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20151015121931-277-85035/15-oktober-harinya-mereka-yang-tak-pernah-lahir


6 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page