top of page

Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia


sumber : freepik.com

Hari cuci tangan pakai sabun sedunia diperingati pada tanggal 15 Oktober. Hari peringatan ini dicetuskan dengan niat mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya manfaat cuci tangan yang benar dan cara mencuci tangan yang benar. Hari cuci tangan pakai sabun di cetuskan oleh Global Handwashing Partnership yang awalnya bernama Global Public-Private Partnership for Handwashing (PPPHW). Namun pada tahun 2008 PPPHW hendak memfokuskan pada edukasi mengenai manfaat cuci tangan secara global dan konkret, untuk itu pada tahun yang sama peringatan hari cuci tangan pakai sabun sedunia resmi digelar, setiap tanggal 15 Oktober.

Pada tahun 2021 ini, Global Handwashing Partnership mengusung tema masa depan kita di tangan kita - mari beraksi bersama untuk membuat cuci tangan pakai sabun nyata bagi semua. Tema ini dibarengi dengan tagline cuci tangan pakai sabun budaya kita. Tema peringatan ini mengajak kita untuk menjadikan kegiatan cuci tangan sebagai budaya dan kebiasaan, bukan sebagai kegiatan yang dilakukan dengan terpaksa. Kemudian peringatan hari cuci tangan sedunia ini juga dibarengi dengan adanya pandemi covid-19. Yang mana, di masa pandemi seperti ini cuci tangan menjadi senjata utama bagi kita untuk melindungi diri dari virus covid-19.

Dengan mencuci tangan dapat melindungi kita dari virus covid-19, karena dengan mencuci tangan dengan sabun merusak membran luar virus dan dengan demikian menonaktifkannya. Selain itu, dengan mencuci tangan juga dapat menurunkan 25% angka kematian yang diakibatkan oleh penyakit pernafasan. Dengan mencuci tangan juga dapat mengurangi diare, mengurangi transmisi penyebaran patogen (kolera, ebola, shigellosis, dan hepatitis).

Berikut merupakan langkah-langkah mencuci tangan yang baik :

  1. Basahi kedua tangan dengan air mengalir, kemudian ambil sabun lalu usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut

  2. Usap dan gosok juga kedua punggung tangan

  3. Jangan lupa gosok jari-jari tangan dan sela-sela jari hingga bersih

  4. Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan mengatupkan tangan

  5. Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian

  6. Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan

  7. Lalu bersihkan juga pergelangan tangan secara bergantian, dan akhiri dengan membilas seluruh bagian tangan dengan air bersih dan keringkan menggunakan tisu.




sumber :

Corona Kepriprov. (2020, Oktober 15). 15 Oktober Adalah Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia, Begini Sejarahnya. https://corona.kepriprov.go.id/read/15+Oktober+Adalah+Hari+Cuci+Tangan+Pakai+Sabun+Sedunia%2C+Begini+Sejarahnya.phtml

Dinkes Kalbar. (2021, Oktober 15). Mari Kita Rayakan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia 2021. https://dinkes.kalbarprov.go.id/mari-kita-rayakan-hari-cuci-tangan-pakai-sabun-sedunia-2021/


4 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page