top of page

Cara Mencegah Kulit Kering


Source: freepik.com

Kulit kering dapat dialami oleh siapa saja yang terkadang terasa tidak nyaman karena biasanya kulit akan terlihat kusam, lebih sensitif, mudah memunculkan kerutan, dan terlihat kering pastinya. Kulit kering dapat dipengaruhi oleh faktor genetik, faktor lingkungan, kondisi struktur kulit, penyakit kulit, pola makan, dan pengaruh obat-obatan.


Untuk mengatasi kulit kering biasanya banyak orang menggunakan pelembab. Pelembab adalah kosmetik perawatan yang digunakan untuk melindungi, melembabkan kulit, untuk mengurangi garis-garis halus, serta menghaluskan. Selain pelembab terdapat beberapa cara untuk mencegah kulit kering yaitu :


1. Menghindari suhu air yang terlalu panas

Air yang panas dapat menyebabkan hilangnya minyak alami yang berfungsi untuk melembabkan kulit yang dimana hanya akan memperparah kondisi kulit kering. Jika ingin mandi dengan air hangat maka disarankan untuk mandi tidak lebih dari 10 menit.


2. Tidak menggosok handuk ke kulit terlalu keras

Selepas mandi, keringkan badan dengan cara menepuk atau mengusapnya secara perlahan. Karena jika menggosoknya terlalu keras maka dapat merusak lapisan kulit dan menyebabkan kekeringan yang akan berlanjut hingga iritasi.


3. Perawatan pada malam hari atau sebelum tidur

Setelah beraktivitas seharian penuh, jangan lupa untuk melakukan perawatan sebelum tidur. Bersihkan badan dan muka secara menyeluruh kemudian gunakan kosmetik perawatan seperti pelembab yang dioleskan secara merata. Salah satu jenis pelembab yang sangat baik untuk kulit kering yaitu petroleum jelly yang memiliki manfaat untuk menjebak kelembaban di dalam kulit dan dapat menyembuhkan kulit yang iritasi.


4. Minum air yang cukup

Konsumsi air yang cukup merupakan solusi terbaik untuk mengatasi kulit kering dan kusam. Air putih dapat memberikan nutrisi yang baik pada sel-sel kulit. Air putih akan menghidrasi sel-sel tubuh termasuk kulit secara keseluruhan. Maka dari itu jangan lupa untuk mengonsumsi air putih sekitar 2 liter atau 8 gelas air putih setiap hari.


5. Mengkonsumsi makanan bernutrisi

Konsumsi makanan yang bernutrisi memiliki peran utama dalam menjaga kelembapan kulit. Makananan yang mengandung antioksidan dan asam lemak omega-3 dipercaya memiliki kandungan yang baik untuk mengatasi kulit kering. Jenis makanan yang memiliki manfaat baik bagi kulit kering yaitu blueberry, tomat, wortel, kacang-kacangan, dan sayuran. Kemudian makanan yang kaya asam lemak omega-3 yaitu ikan salmon dapat membantu mengatasi kulit kering.


Berbagai tips diatas dapat diterapkan untuk semua sobat #healthpromoter yang memiliki masalah kulit kering. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai masalah kulit, sobat dapat memeriksakan diri ke dokter kulit untuk mengetahui hal tepat yang harus dilakukan. Salam sehat.




Referensi :

Maria Elvina Tresia Butarbutar dan Anis Yohana Chaerunisaa, Peran Pelembab dalam Mengatasi Kondisi Kulit Kering, Majalah Farmasetika, 6 (1), October 2020

Alodokter.com, Diakses 2021 : 7 Merawat Kulit Kering agar Dapat Tampil Percaya Diri

Health.kompas.com, Diakses 2021 : 10 Cara Mengatasi Kulit Kering secara Alami


5 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page