top of page

Benarkah Makanan Pedas dapat Menyebabkan Diare?


Source : freepik.com


Siapa dari sobat #healthpromoter yang cinta dan suka banget sama makanan pedas? sampai kadang rasanya kurang lengkap kalau makan tidak ditemani dengan sambal. Makanan pedas faktanya memang dapat meningkatkan nafsu makan dan menjadi salah satu makanan terfavorit orang-orang Indonesia. Namun ketika dimakan secara berlebihan tentu saja akan membawa dampak buruk pada pencernaan, salah satunya yaitu diare.


Cabai rawit mengandung capsaicin yang jika dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan iritasi pada lambung. Diare merupakan gejala penyakit perut yang paling umum, diare disebabkan oleh proses inflamasi langsung yang ditimbulkan capsaicin terhadap saluran pencernaan ataupun toksisitas melalui perantaraan bakteri saluran cerna.


Melansir halodoc.com, diare yang disebabkan dari makanan pedas karena adanya capsaicin yang dimana zat tersebut akan merangsang reseptor transient potential vanilloid (TRPV1), yang meneruskan informasi ke otak bahwa tubuh mengalami sensasi terbakar yang selanjutnya otak akan mengartikan rangsangan tersebut dan melepaskan hormon penghambat nyeri atau yang dikenal dengan endorfin.


Ketika capsaicin mengusik kinerja usus kecil, maka usus kecil akan memproses capsaicin dengan cepat dari biasanya. Kemudian saat mencapai usus besar proses pencernaan akan melambat, tetapi reseptor masih dalam keadaan aktif, maka sebagai pertahanan, usus besar akan mempercepat kinerjanya. Kondisi ini mencegah usus besar menyerap cukup air dari makanan atau minuman yang Anda makan. Akibatnya, banyak gejala diare yang muncul.


Inilah sebabnya mengapa makan makanan pedas dapat menyebabkan gejala diare. Tidak hanya diare, tetapi juga banyak gangguan kesehatan lainnya akibat konsumsi makanan pedas yang berlebihan misalnya gastritis, GERD, mengurangi sensitivitas lidah, hingga rasa panas di dada.


Oleh karena itu harus baik dalam memilah-milah makanan pedas untuk dikonsumsi. Sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah yang normal agar tidak mengiritasi lambung dan usus serta tidak menimbulkan akibat-akibat yang lebih berbahaya. Jika mengalami diare biasanya akan sembuh dengan sendirinya atau dapat dibantu dengan obat diare.


Namun, jika gejala diare tidak kunjung sembuh dan semakin memburuk, kamu harus datang ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan langkah perawatan dari dokter.


Referensi :

Halodoc.com. Diakses 2021. Ini Alasan Makanan Pedas bisa Picu Diare.


2 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page