top of page

Apa Saja Penyebab Sariawan?


Source : freepik.com


Sariawan merupakan penyakit mulut yang dapat terjadi pada siapa saja mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Sariawan atau aphtus stomatitis yaitu luka pada mulut yang biasanya berbentuk oval atau bulat dan berwarna putih, dimana menimbukan rasa sakit yang tidak nyaman.


Biasanya seseorang mengalami sariawan disebabkan oleh luka pada mulut akibat tidak sengaja tergigit atau mengkonsumsi sesuatu yang keras. Selain itu perubahan kadar hormon yang dialami oleh wanita pada masa menstruasi dapat menyebabkan timbulnya sariawan.

Sariawan dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti :

  • Kekurangan Vitamin

Sariawan dapat disebabkan karena kekurangan vitamin B12. Umumnya terjadi pada anak-anak karena kurang asupa makanan yang mengadung vitamin B12. Melansir health.kompas menyebutkan berbagai makanan yang dapat membantu mencukupi kebutuhan vitamin B12 seperti kerang, kepiting, daging sapi, telur, susu atau produk susu.


  • Pemasangan kawat gigi

Ketika anda baru memasang kawat gigi biasanya akan muncul sariawan yang disebabkan oleh gesekan antar kawat dengan sisi pipi, gusi, lidah, atau bibir yang dapat menyebabkan luka atau iritasi sehingga menjadi sasaran empuk bagi bakteri untuk menimbulkan sariawan. Untuk membantu mengurangi rasa tidak nyaman, anda dapat berkumur dengan air garam atau minum obat sariawan.


  • Luka pada mulut

Luka pada mulut dapat terjadi karena tidak sengaja tergigit, mengkonsumsi makanan yang keras, atau menyikat gigi terlalu keras. Hal tersebut dapat menyebabkan gusi, sisi pipi, atau bibir terluka dan mungkin berdarah. Jika luka tersebut disebabkan oleh gerakan yang terlalu keras saat menyikat gigi maka anda harus merubah kebiasaan tersebut dengan menyikat gigi secara lembut dan perlahan.


  • Kurang minum air putih

Kekurangan cairan menjadi salah satu penyebab timbulnya sariawan. Hal tersebut dikarenakan mulut menjadi kering sehingga bakteri dan kuman mudah tumbuh yang mengakibatkan infeksi dan iritasi di mulut. Maka dari itu jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan cairan sekitar 2 liter per hari.


Bila Anda mengalami sariawan perbanyak konsumsi makanan yang mengandung serat dan hindari makanan yang terlalu pedas, asam, dan makanan yang bertekstur keras. Biasanya sariawan akan sembuh sendiri dalam waktu beberapa hari atau minggu. Untuk mempercepat proses penyembuhan dapat dibantu dengan menggunakan obat kumur antibakteri.


Jika sariawan tidak kunjung sembuh dalam waktu yang lama dan menimbulkan rasa tidak nyaman berlebih segera periksakan dan konsultasikan keluhan sobat #healthpromoter ke dokter yang tepat.


Referensi


10 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page