top of page

Akibat Kurang Minum Air Putih


source : freepik.com


Air putih merupakan komponen utama dalam tubuh manusia. Tubuh manusia memerlukan air putih sekitar satu hingga dua setengah liter atau sama dengan 6 sampai 8 gelas sehari. Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 75 Tahun 2013 tentang Angka Kecukupan Gizi (AKG) menjelaskan bahwa untuk masyarakat Indonesia kecukupan air bagi anak usia 7 sampai 9 tahun yaitu sekitar 1.900 ml, untuk anak usia 10 sampai 12 tahun sekitar 1.800 ml. Sedangkan untuk orang dewasa sekitar 2.000 ml perhari.


Kekurangan air putih dapat mengakibatkan dehidrasi yang dapat merusak aspek fungsi cognitive yaitu turunnya konsentrasi atau menjadi tidak fokus. Kekurangan minum air putih juga dapat menimbulkan gangguan kesehatan yang lain seperti :

  • Kulit menjadi kering

Kekurangan air putih dapat menyebabkan kulit menjadi kering karena elastisitas kulit sangat bergantung pada keseimbangan air yang cukup. Melakukan perawatan dari dalam akan sangat berpengaruh pada kondisi kulit anda, sehingga tidak hanya mengandalkan perawatan dari luar seperti krim pelembab. Kekurangan cairan juga menyebabkan kolagen pecah sehingga menyebabkan kulit kering dan kerutan lebih Nampak.


  • Sembelit

Air putih memiliki fungsi untuk melancarkan pencernaan. Salah satu masalah yang sering terjadi ketika kurang minum air putih yaitu sulitnya buang air besar yang jika hal tersebut terjadi selama seminggu maka dapat diketahui anda sedang mengalami sembelit. Kemudian dapat juga menimbulkan kondisi yang lebih serius dari sembelit yaitu wasir yang disebabkan oleh kinerja keras usus dalam mengeluarkan kotoran yang padat. Tentunya kedua hal tersebut akan sangat mengganggu keseharian kita.


  • Turunnya konsentrasi

Akibat kurang cairan dapat menyebabkan kinerja otak menurun dan terganggu yang mengakibatkan sulitnya untuk berkonsentrasi, susah berpikir, mudah mengantuk, hingga sakit kepala. Maka dari itu untuk memulai hari agar tetap semangat perlunya minum air putih yang cukup agar kinerja otak dapat optimal.


  • Masalah dengan ginjal

Ginjal memiliki fungsi untuk mengeluarkan racun, urea, dan garam dari tubuh manusia. Minum air putih yang cukup setiap hari dapat membantu ginjal untuk melakukan fungsi secara baik. Ketika fungsi tersebut tidak dijalankan maka dapat menimbulkan masalah kesehatan yaitu batu ginjal dan lebih parahnya dapat memicu kanker kandung kemih.


  • Berat badan

Resiko terjadinya dehidrasi yaitu sulitnya mengontrol berat badan. Hal tersebut disebabkan karena terjadi ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh yang menyebabkan meningkatnya nafsu makan.

Ketika tubuh sedang dehidrasi maka terkadang timbul gejala kebingungan apakah itu adalah rasa lapar atau haus yang dimana faktanya pada kondisi tertentu tubuh sedang membutuhkan cairan bukan makanan. Sehingga jika kekurangan cairan maka metabolisme tubuh akan lambat. dan berat badan bisa bertambah.


Dengan demikian, air putih adalah hal yang tidak dapat terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Jika tubuh kekurangan cairan maka akan menimbulkan banyak masalah kesehatan. Bagi semua sobat #healthpromoter jangan lupa untuk selalu mencukupi kebutuhan cairan setiap hari agar tubuh sehat dan semangat dalam bekerja.







Referesi:

Health.kompas. Diakses 2021: Kurang Minum Air Putih Yang Tak Boleh Disepelekan

Hellosehat. Diaskes 2021: Ini Akibatnya Jika Jarang Minum Air Putih

Liputan6.com. Diakses 2021: 10 Penyesalan yang Muncul Saat Kurang Minum Air Putih

Siska Kusumawardani dan Ajeng Larasati, Analisis Konsumsi Air Putih terhadap Konsentrasi Siswa, Jurnal Ilmiah PGSD, Vol. IV No. 2, November 2020


4 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page