top of page

Olahraga bagi Sobat yang Mengalami Nyeri Sendi


Source : freepik.com


Nyeri sendi merupakan kondisi yang terjadi pada tubuh karena pengapuran atau akibat penyakit lain yang umumnya dialami oleh orang yang telah lanjut usia. Nyeri sendi akan sangat mengganggu penderitanya karena akan menghambat aktivitas kegiatan sehari-hari misalnya keterbatasan dalam bergerak, mudah lelah, hingga gangguan tidur.


Orang yang mengalami nyeri sendi akan merasakan sakit dan kaku dibagian sendi dalam waktu lama, adanya hambatan ketika digerakan, adanya gesekan antara tulang satu dengan tulang lainnya sehingga menimbulkan inflamasi dan jika ditekan terasa hangat.


Untuk mengurangi rasa sakit pada sendi, dapat dilakukan dengan olahraga secara teratur yang bermanfaat untuk memperbaiki kondisi kekuatan dan kelenturan sendi serta memperbaiki resiko terjadinya kerusakan sendi akibat radang sendi. Oleh karena itu berikut adalah jenis olahraga yang aman untuk sobat #healthpromoter yang mengalami nyeri sendi:

  • Yoga

Melakukan yoga secara konsisten dan rutin akan menstimulasi saraf tulang belakang dan persendian sehingga akan rileks dan mengurangi rasa nyeri. Ketika tubuh rileks maka rasa nyeri pada tubuh akan berkurang karena menghasilkan beberapa hormon, salah satunya hormon endorphin.


Yoga juga dapat membuat tubuh lebih lentur, mengatasi nyeri sendi, sakit punggung, pegal-pegal dan bengkak.


Sehingga yoga memiliki manfaat yang baik baik tubuh khususnya pada penderita nyeri sendi karena dapat menurunkan rasa nyeri serta dapat mengontrol stres dan produksi kortisol dalam darah sebagai upaya untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi.

  • Bersepeda

Bersepeda merupakan olahraga yang fokus pada kekuatan lutut dan bagian kaki lainnya. Sehingga lutut akan aktif bergerak. Melansir alodokter.com bersepeda merupakan olahraga low impact yaitu olahraga yang tidak memberikan tekanan berat pada bagian tubuh.


Gerakan bersepeda sangat baik dalam meningkatkan kekuatan lutut dan dapat membantu nyeri sendi. Namun perlu diingat, saat bersepeda hindari jalan menanjak dan pelu memperhatikan jarak agar tidak memberikan tekanan berlebih pada lutut.

  • Senam

Jika Anda mengalami nyeri sendi maka disarankan untuk selalu melakukan aktivitas fisik misalnya saja senam. Melakukan gerakan senam yang ringan dapat membantu untuk memperbaiki kondisi kekuatan, kelenturan sendi serta kerusakan sendi akibat radang sendi.


Senam di pagi hari dapat memberikan manfaat seperti meningkatkan kemampuan gerak, fungsi kekuatan, daya tahan otot, keseimbangan, biomekanik sendi, dan rasa posisi sendi. Sehingga dengan melakukan senam secara rutin dapat mengurangi intensitas nyeri sendi.

  • Jalan kaki

Gerakan ringan seperti berjalan kaki dapat membantu untuk meningkatkan kekuatan tulang dan otot. Jalan kaki tidak memberikan tekanan berlebih pada lutut. Kegiatan ini dapat Anda lakukan selama 15-30 menit. Tidak lupa, saat lutut merasa nyeri maka disarankan untuk mengambil jeda istirahat terlebih dahulu. Jalan kaki yang disarankan yaitu jalan kaki dengan intensitas yang sedang.


Faktanya olahraga dapat membantu untuk mengurangi rasa nyeri pada sendi. Kurang berolahraga dapat menyebabkan otot-otot tubuh menjadi lemah dan mengurangi kekuatan tulang yang dapat menimbulkan nyeri sendi. Oleh karena itu, olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan persendian.


Jika mengalami rasa nyeri sendi yang berlebih, jangan lupa untuk segera konsultasi ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.



Referensi :



2 views0 comments

Comments


bottom of page